Home » » 5 MAKANAN SUPER MAHAL DI DUNIA

5 MAKANAN SUPER MAHAL DI DUNIA

Written By akbar el hamed on Thursday, June 21, 2012 | 4:35 PM


Pizza royal 007

Beban biaya untuk makan sehari-hari memang agak terasa berat belakangan ini. Tapi, beberapa makanan berikut ini memang bukan makanan yang bisa dikonsumsi sembarang orang. Alasannya, makanan ini dijual dengan harga super mahal dan mungkin kita akan jutaan kali berpikir untuk memesannya. Dikutip dari Most-Expensive.net, makanan-makanan termahal di dunia ini harganya tidak hanya berhenti di angka ratusan ribu rupiah, tapi juga mencapai sampai jutaan, bahkan puluhan juta rupiah.

1.  Jamur Matsusake
Jamur jenis ini dijual dengan harga 1.000 dolar AS atau Rp 9 juta per setengah kilogram. Jamur Matsusake atau yang biasa disebut jamur pinus ini dihargai sedemikian tinggi karena jenisnya yang memang sangat jarang ditemui. Jamur ini juga sangat rentan terhadap serangan serangga yang menyebabkan tanaman ini sangat sulit dibudidayakan. Kebanyakan tumbuhan ini biasa tumbuh liar di Cina, Jepang, Korea, dan Finlandia. Permintaan yang cukup besar atas matsusake biasa datang dari Jepang. Di sana, jamur yang memiliki wangi harum ini dimakan setelah dipanggang sedikit di atas api. Jamur ini bisa juga ditanak bersama beras menjadi nasi matsutake (matsutake gohan) atau sebagai campuran dobinmushi (sup dalam teko).

2. Bagel ala Executive Chef Frank Tujague for New York’s Westin Hotel
Kalau di toko roti kita bisa membeli bagel di kisaran harga Rp 10 ribu sampai Rp 50 ribu, di New York kita harus merogoh kocek teramat dalam untuk mencicipi bagel made ini chef Tujague. Satu pasang bagel yang ia buat harganya mencapai 1.000 dolar AS atau sekitar Rp 9 juta. Topping-nya yang terbuat dari bahan khusus, menjadi alasan harga bagel ini yang selangit. Untuk topping, sang chef menggunakan truffle, keju putih, ditambah goji beri, dan emas yang sudah diolah menjadi jelly. Truffle yang juga merupakan salah satu jenis jamur langka menjadi bahan utama bagel ini. Harga jualnya di Eropa mencapai Rp 32, 5 juta per setengah kilogram. Truffle yang hanya bisa tumbuh di pohon Oak di Alba, Italia, ini bahkan kabarnya juga dapat meningkatkan feromon yang konon bisa menambah daya tarik bagi orang yang memakannya.

3. Pizza Royal 007
Kalau kita mempunyai uang 4.200 dolar AS atau Rp 37,8 juta untuk makan siang, bolehlah kita memesan pizza berukuran 12 inci buatan chef spesialis pizza, Domenico Crolla. Pizza ini mahal luar biasa karena topping-nya dipenuhi oleh berbagai bahan makanan berkualitas dan pastinya mahal, seperti lobster yang direndam terlebih dulu dengan cognac, kaviar yang direndam dalam champagne, salmon asap asli Skotlandia, dan daging rusa. Serpihan emas juga tidak lupa disebarkan Chef Domenico di atas pizza buatannya untuk semakin menambah eksklusivitas mahakaryanya. Pizza ala Domenico ini berhasil merebut predikat sebagai pizza termahal di dunia, setelah harga jualnya sedikit lebih tinggi daripada pizza buatan chef terkaya di dunia, Gordon Ramsay.

4. Semangka Densuke
Di tempat di mana semangka adalah komoditas yang teramat-amat jarang seperti Jepang, kehadiran semangka densuke yang berwarna hitam harga jualnya bisa mencapai 6.100 dolar AS atau Rp 55 juta per buahnya. Semangka densuke yang biasanya dijual seberat 8,5 kilogram ini hanya bisa tumbuh di utara Pulau Hokkaido, Jepang. Karena harganya yang gila-gilaan, semangka densuke ini biasa menjadi suvenir atau hadiah istimewa bagi masyarakat di Negeri Sakura.



5. Kari Samundari Khazana
Untuk merayakan dirilisnya DVD film “Slumdog Millionaire”, restoran India yang berada di London, Bombay Brassiere, menghadirkan makan malam dengan menu kari khas India dengan segala jenis bahan terbaik yang bisa ditemui para chef-nya. Kari ini dijual dengan harga 3.200 dolar AS atau Rp 28,8 juta per porsinya.
Kari ini menggunakan kepiting Devon yang merupakan kepiting berkualitas terbaik di dunia, jamur truffle, dan tomat yang diisi dengan kaviar beluga, yang lagi-lagi merupakan kaviar termahal di dunia. Tidak cukup sampai di situ, menu ini juga menyertakan lobster asal Skotlandia yang dilapis emas, kerang-kerang berspesies Abalone, dan telur puyuh di sekitaran sajiannya.

Source: ROL

0 komentar: