Home » » TAI CHI MENJAUHKAN DARI PENYAKIT JANTUNG

TAI CHI MENJAUHKAN DARI PENYAKIT JANTUNG

Written By akbar el hamed on Sunday, May 6, 2012 | 4:17 AM



Sebuah hasil penelitian mengungkapkan, seni bela diri kuno Cina yakni Tai Chi merupakan pilihan olah tubuh terbaik bagi para lanjut usia. Seseorang yang tak berlatih Tai Chi berIsiko terkena penyakit jantung 40 persen lebih tinggi.

Tai Chi melibatkan pikiran dan tubuh sesorang dalam sebuah gerakan yang lambat. Gerakan dalam Tai Chi dilakukan berulang berdasarkan koordinasi dan relaksasi, bukan ketegangan otot.

Para Ilmuan dari Politeknik Universitas Hongkong percaya, dengan memusatkan pikiran pada gerakan akan lebih baik dilakukan dalam kondisi mental yang tenang. Dengan begitu niscaya gerakan tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mempertahankan kesehatan jantung.

Menurut para peneliti, mereka menemukan bahwa seseorang yang memperaktekan teknik Tai Chi dapat meningkatkan ekspansi dan kontraksi pembuluh darah, yang dapat mencegah penyakit jantung. Selain itu teknik olah tubuh Tai Chi juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot pada lutut, khususnya bagi lansia.

Meski Tai Chi merupakan seni bela diri yang telah berkembang sangat lama di Cina, namun penelitian mengenai keterkaitan Tai Chi dengan jantung baru di lakukan pertama kali.

" Ini adalah studi pertama untuk menyelidiki kemungkinan efek Tai Chi terhadap jantung," kata salah seorang peneliti Dr. William Tsang, seperti dilansir Huffingtonpost

Kombinasi aerobik, peregangan, konsentrasi mental dan meditasi selama gerakan Tai Chi nyatanya dapat berpengaruh baik pada jantung. Bahkan menurut penelitian, orang yang tak berlatih Tai Chi beresiko 40 persen lebih tinggi terserang penyakit jantung.

0 komentar: