Home » » SEBAGIAN CAT KUKU ADA YANG BERACUN

SEBAGIAN CAT KUKU ADA YANG BERACUN

Written By akbar el hamed on Sunday, May 6, 2012 | 4:21 AM



Bagi para pecinta cat kuku, waspadalah. Di balik warna-warna yang menarik untuk kuku itu terkandung bahan beracun yang bisa berakibat fatal bagi pemakainya. Salah satu efek kandungan kimia dalam cat kuku itu ternyata bisa membuat kecacatan pada janin atau kegagalan kandungan.

Hal ini ditemukan di beberapa salon di California, Amerika Serikat. Cat kuku yang disebutkan bebas kandungan racun 'toxic trio' justru ditemukan mengandung bahan kimia yang cukup tinggi. Petugas Pengendali Produk Kimia di negara bagian tersebutlah yang telah mengungkap kandungan kimia dalam cat kuku.

Departemen Pengawasan Bahan Kimia (DTSC) setempat melaporkannya, Selasa (10/4). Disebutkan dalam laporan itu bahwa produk cat kuku yang disebut bebas 'toxic trio' malah berbahaya bagi ribuan perempuan yang bekerja di salon kuku dan para pelanggannya. Di sana, ada 48 ribu salon kuku.

Para penyidik memilih 25 merek cat kuku secara acak, termasuk sejumlah produk yang mengeklain bebas dari bahan kimia toluene, dibutyl phthalate (DBP), dan formaldehyde, atau disebut juga 'toxic trio'. Mereka mengatakan, kandungan kimia tersebut dalam cat kuku ternyata banyak. Hal itu bisa berdampak pada masalah kesehatan, yaitu asma dan penyakit kronis lainnya.

Dari berbagai sampel yang dikumpulkan, penyidik menemukan 10 dari 12 produk dinyatakan bebas toluene, malah mengandung bahan kimia tersebut. Bahkan, ada empat sampel yang kandungannya ada pada bahaya tingkat tinggi. Laporan itu juga mengungkapkan, lima dari tujuh produk yang mengeklaim bebas 'toxic trio' itu malah mengandung satu atau lebih bahan kimia tersebut di peringkat bahaya yang beragam.

Badan pengawas itu mengaku tak punya cukup data yang akurat untuk memastikan berapa orang yang sudah terpapar bahan kimia tersebut. "Kami tahu, ada yang terpapar di salon, baik pekerja, maupun pelanggannya. Kami khawatir dengan potensi bahayanya," kata Karl Palmer, manajer DTSC.

Beberapa produk yang diuji adalah: Sation 99 basecoat, Sation 53 red-pink nail color, Dare to Wear nail lacquer, Chelsea 650 Baby's Breath Nail Lacquer, New York Summer Nail Color, Paris Spicy 298 nail lacquer, Sunshine nail lacquer, Cacie Light Free Gel Basecoat, Cacie Sun Protection Topcoat, Golden Girl Topcoat, Nail Art Top-N-Seal and High Gloss Topcoat.

Mike Vo, wakil presiden dari produk Miss Professional Nail Products Inc yang mengeluarkan salah satu cat kuku dalam daftar itu mempersoalkan temuan DTSC itu. "Kami akan mengkaji laporan itu dan mengujinya," ucapnya.

0 komentar: