Home » » MENGENAL HANGEUL TULISAN KOREA

MENGENAL HANGEUL TULISAN KOREA

Written By akbar el hamed on Saturday, March 24, 2012 | 11:18 PM



Hangeul (한글) mulanya bernama Hunminjugeum (훈민 정음) yang berarti bunyi (tulisan) yang digunakan untuk mendidik masyarakat. Hangeul diciptakan oleh Raja Sejong pada masa kejayaan dinasti Yi (Kerajaan Chosun). Hangeul ini diciptakan untuk membuat suatu keterangan hak kepemilikan pada masa itu yang mengalami kekacauan. Hangeul ini disusun berdasarkan ajaran Budha yang menggambarkan surga (titik), bumi (garis horizontal) dan manusia (garis vertical).


Sebelum hangeul diciptakan, masyarakat Korea menggunakan bahasa Korea ketika berbicara, namun menggunakan tulisan Cina karena belum mempunyai sistem penulisan sendiri. Tulisan Cina yang sangat berbeda dengan bahasa Korea menyulitkan masyarakat Korea. Tulisan Cina dianggap rumit untuk digunakan oleh masyarakat Korea karena sulit dibaca dan dihafalkan. Selain itu, satu huruf pada tulisan Cina memiliki berbagai arti sehingga kadang-kadang bersifat ambigu dan menimbulkan berbagai penafsiran dalam komunikasi tulisan oleh masyarakat Korea.

Pada abad ke-19, romanisasi huruf hangeul diberikan oleh orang barat untuk menamakan tempat dan nama orang Korea. Diantara mereka,   McCune-Reischauer system, kolaborasi dari dua warga negara amerika, yang telah digunakan secara international dari tahun 1939. Akan tetapi, sistem ini sangat sulit dipahami dan digunakan warga Korea karena berdasarkan kognitif orang barat. Oleh karena itu, Juli 2000 Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Korea mengumumkan  New Romanization.   Pengucapan Korea harus diterjemahkan dalam huruf Romawi dengan perbedaan penting antara 'ㄱ, ㄷ, ㅂ, ㅈ' dan 'ㅋ, ㅌ, ㅍ, ㅊ' harus dinyatakan dalam 'g, d, b, j 'dan' k, t, p, ch '. Huruf Hangeul untuk 'ㅣ'  dan 'ㅡ' digunakan 'eo' dan 'eu' .
     
Hangeul terdiri dari 14 huruf konsonan, 5 huruf konsonan rangkap, 10 huruf vokal dan 11 huruf vokal rangkap. Penulisan huruf Hangeul dimulai dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.

Cara penulisan huruf hangeul:




Terima kasih. Semoga bermanfaat....


Source: korean insight

0 komentar: