Home » » TIPS UNTUK IBU HAMIL DI ATAS USIA 35 TAHUN

TIPS UNTUK IBU HAMIL DI ATAS USIA 35 TAHUN

Written By akbar el hamed on Sunday, May 6, 2012 | 4:01 AM


Hamil di atas usia 35 tahun berarti harus bersiap menghadapi kemungkinan masalah kesehatan. Namun, jangan khawatir karena 1 dari 10 bayi yang lahir dari perempuan di atas usia 35 tahun dapat tumbuh tanpa komplikasi.

Kendati begitu kehamilan di usia tersebut berisiko mengalami tekanan darah tinggi dan diabetes. ''Namun dengan perawatan sebelum hamil yang baik, mereka seharusnya bisa tetap sehat,'' ujar Lynn Simpson, dokter kandungan dari Columbia Presbyterian Medical Center di New York, AS.

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam kehamilan usia di atas 35 tahun:

Kesehatan
Perempuan di usia ini harus makan secara teratur, berolahraga, dan harus rajin berkunjung k dokter. Lantaran berat badan perempuan di usia ini biasanya lebih besar, mereka harus diet sehat selama kehamilan. Mereka dianjurkan untuk menyantap sekitar 300 kalori tambahan dalam asupan makanan sehari-hari.

Rajin cek
Untuk perempuan di atas 35 tahun, mereka dianjurkan melakukan cek genetis karena khawatir terjadi peningkatan kelainan kromosom. Anda dapat memilih melakukan tes kromosom seperti CVS pada usia kehamilan 9-11 pekan. Jika hasilnya positif, tes lanjutan diperlukan.


Komplikasi kehamilan
Hamil di atas usia 35 tahun bisa memicu tekanan darah tinggi dan diabetes serta risiko preeklampsia. Risiko keguguran juga meningkat. Ini terjadi terutama lantaran adanya kelainan kromosom yang akan berpengaruh pada pertumbuhan janin. Perempuan di usia ini juga biasa mengalami peluang menjalani operasi caesar lebih tinggi. Padahal, pemulihan setelah operasi biasanya lebih lama ketimbang kelahiran normal.

Mengelola emosi
Biasanya ibu di atas usia 35 tahun lebih siap menghadapi perubahan hidup karena kehadiran bayi. Kepiawaian mengelola emosi dan ketegangan yang menyertai kehamilan sangat penting karena stres tinggi dapat memicu komplikasi juga.

Maka, selain makan teratur dan olahraga, cobalah luangkan waktu untuk bersantai. Melakukan yoga, pijat, dan bersantai bersama teman akan membantu ibu mengatur emosinya.

0 komentar: