Home » » MANFAAT BUAH KIWI UNTUK KESEHATAN

MANFAAT BUAH KIWI UNTUK KESEHATAN

Written By akbar el hamed on Sunday, May 20, 2012 | 7:34 AM



Kiwi merupakan buah kaya serat. Kulit berwarna hijau-kecoklatan, daging buah berwarna hijau terang keemasan, memiliki biji hitam kecil dan nikmat untuk dimakan.

Awalnya buah ini bernama Gosberi Cina, kemudian pada 1950-an buah ini dinamai menjadi melanotte, dan kemudian kiwi. Nama kiwi sendiri berasa dari burung Kiwi, burung yang tidak bisa terbang asal Selandia Baru.

Sebuah studi yang dilakukan Paul Lachance, dokter dari Universitas Rutgers, New Jersey, Amerika Serikat, mengevaluasi nilai gizi buah ini. Studi ini mencatat, dari 27 buah yang paling umum dikonsumsi, buah Kiwi merupakan buah yang paling padat akan gizi.

Nah, seperti dilansir Boldsky, mari lihat apa yang membuat buah kiwi ini kaya nutrisi:

1. Vitamin C
Kiwi merupakan sumber dari vitamin C. Vitamin C dalam kiwi dua kali lebih banyak seperti pada jeruk. Penelitian menunjukkan, konsumsi kiwi sehari cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat diet yang direkomendasikan Recommended Dietary Allowance (RDA). Kandungan vitamin C di dalamnya berguna sebagai efek perlindungan terhadap gangguan pernapasan seperti asma. Studi yang diterbitkan dalam edisi April 2004 dari Thorax mencatat, anak-anak yang makan jeruk dan buah kiwi (5-7 porsi per minggu) memiliki 44 persen lebih rendah kasus wheezing (nafas bunyi) dibandingkan anak-anak yang makan kurang dari seporsi seminggu.

2. Kalium
Kiwi, seperti pisang, kaya akan kalium. Bila dibandingkan dengan pisang, buah ini rendah akan kalori. Rendah kalori inilah yang membuat sodium rendah dan bermanfaat untuk kesehatan jantung. Natrium mempertahankan tekanan darah sehingga mencegah Anda terkena penyakit jantung.

3. Vitamin E
Kiwi merupakan salah satu buah yang kaya akan sumber vitamin E dengan kandungan lemak rendah. Vitamin E membuat sarat antioksidan dan menjaga jantung tetap sehat.

4. Asam Folat
Kiwi merupakan buah yang kaya sumber asam folat. Wanita harus mengkonsumsi kiwi sebelum dan selama kehamilan. Asam folat mencegah cacat saraf pada bayi dan merupakan perlengkapan vitamin yang cukup untuk wanita hamil. Saat bayi Anda mulai tumbuh, asam folat pada kiwi membantu mereka dalam pengembangan otak dan mencegah penyakit kardiovaskular.

5. Serat
Menurut penelitian, diet yang kaya serat membantu dalam mengobati sembelit dan radang kantong di saluran pencernaan. Serat dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner, dan beberapa jenis kanker. Serat juga menurunkan tingkat gula darah sehingga mengurangi risiko diabetes.

6. Zinc (seng)
Seng dalam kiwi akan membantu pria untuk menghasilkan testosteron. Seng juga memiliki manfaat lainnya pada kulit, rambut, gigi dan kuku.

Source: jaringnews.com