Home » » MAKANAN SAHABAT PENCERNAAN

MAKANAN SAHABAT PENCERNAAN

Written By akbar el hamed on Saturday, May 5, 2012 | 8:55 PM



Teorinya, Anda dapat mencerna makanan atau minuman apa pun yang masuk dalam mulut. Namun, ternyata segala yang masuk dalam tubuh berdampak pada pencernaan. Ini karena perut dan pencernaan kita tidak selalu merespons baik segala sesuatu yang kita santap.

Yang terbaik adalah menghindari sejumlah makanan berlemak yang dapat memperburuk kerja perut. Untunglah, alam juga menyediakan makanan yang menjadi sahabat baik untuk pencernaan. Ini daftar makanan yang menjadi sahabat baik pencernaan Anda:

Yogurt
Anda memiliki triliunan bakteri dalam usus yang dapat membantu mencerna makanan. Dan, yogurt mengandung berbagai tipe bakteri sehat.

Kimchi
Makanan tradisional Korea ini biasanya terdiri atas sawi, bawang, atau lobak yang disertai dengan berbagai rempah. Sawi sendiri yang menjadi sayuran utama kimchi dapat membantu menghasilkan bakteri sehat dalam usus besar. Sawi juga merupakan tipe serat yang tak mudah dicerna, sehingga membantu mengeluarkan kotoran, serta membuat gerakan usus besar lebih teratur. Namun, makanan ini cukup pedas. Jika Anda bermasalah dengan makanan pedas, boleh jadi kimchi pun pilihan yang tepat.

Ikan dan daging tanpa lemak
Jika ingin menyantap daging, coba pilih ayam, ikan, dan daging tanpa lemak. Jenis daging seperti ini lebih 'ramah' pada tubuh ketimbang daging merah. Jenis daging tersebut juga tidak akan memicu kanker usus besar seperti yang tjeradi pada daging merah tinggi lemak.

Gandum
Sumber serat yang baik juga di antaranya adalah roti gandum, oat, dan nasi merah. Jenis makanan ini juga membantu mempermudah pencernaan. Dalam sehari, kita butuh sekitar 20-30 gram serat. Serat juga membantu Anda lebih kenyang dan menghasilkan kolesterol yang lebih rendah. Namun, gandum juga bisa memicu kembung dan masalah pencernaan. Maka, sebaiknya konsumsi secara perlahan saja. Untuk mereka yang tak tahan terhadap gluten, gandum adalah pantangan besar.


Pisang
Buah ini membantu untuk memulihkan fungsi pencernaan agar normal kembali, terutama setelah mengalami diare. Buah ini juga mengandung banyak serat yang membantu pencernaan. Disarankan agar menyantap satu pisang setiap hari.

Jahe
Selama ribuan tahun, jahe dipakai untuk meredakan rasa mual, muntah, kembung, dan kehilangan nafsu makan. Namun, cara yang pas untuk mengonsumsinya adalah dalam jumlah sedang. Jahe yang terlalu banyak juga bisa menimbulkan masalah dalam tubuh.

0 komentar: