Home » » TRISTAN DAN ISOLDE

TRISTAN DAN ISOLDE

Written By akbar el hamed on Sunday, April 1, 2012 | 2:23 AM

" Kisah percintaan dengan aroma perselingkuhan yang hebat dan menggetarkan hati bagi siapapun yang mengetahuinya "

Kisah cinta tragis ini terjadi pada abad pertengahan selama pemerintahan Raja Arthur. Isolde adalah putri dari Raja Irlandia. Dia di paksa oleh ayahnya untuk bertunangan dengan Raja Mark of Cornwall. 

Raja irlandia menunjuk Tristan sebagai pengawal Isolde kembali ke Cornwall. Dalam perjalanan tersebut Isolde banyak bercerita dan berkeluh kesah kepada Tristan karena isolde nampak sedih dan sedang meneteskan air mata maka Tristan menawarkan punggung nya untuk di jadikan sandaran ketika sang putri raja tersebut mencurahkan kesedihan di antara linangan air mata yang membara...

Pada awalnya antara tristan dan isolde tidak ada perasaan apa apa. Sikap lembut tristan kepada isolde hanya perasaan hormat dari seorang prajurit kepada anak putri raja dan Isolde pun demikian hanya sebatas perasaan menghormati seorang prajurit kepercayaan ayah handanya. Namun seiring waktu berjalan Isolde merasa nyaman tiap kali bercerita kepada tristan dan Tristan pun demikian merasa ingin selalu mendengarkan suara isolde. Tatapan antara Tristan dan Isolde mulai berubah dan ada rasa malu saat saling berhadapan dan ahirnya mereka pun sadar bahwa mereka sedang saling jatuh cinta namun perasaan cinta di antara mereka harus di sembunyikan lantaran isolde sudah bertunangan dengan Raja Mark of Cornwall.

Pernikahan yang sudah di janjikan itu pun ahirnya tiba. Isolde pun rela menikah dangan Raja Mark of Cornwall, Namun  secara diam diam isolde juga melanjutkan kisah asmara nya dengan Tristan. Hari berganti  minggu berlalu dan bulan pun silih berganti ahirnya hubungan asmara antara Tristan dan isolde pun di ketahui oleh suami isolde yaitu Raja Mark of Cornwall.

Ketika Raja Mark akhirnya mengetahui peristiwa itu, dia marah besar dan mengusir tristian tetapi mengampuni Isolde,Tristan pergi ke Brittany. Di sana ia bertemu Iseult Brittany seorang gadis yang mempunyai banyak kemiripan dengan Isolde. Tristan ingin menikah dengan Iseult brittany berharap agar bisa melupakan Isolde, tapi tristan mengurungkan niatnya karena dia sadar rasa cintanya kepada Isolde tetap saja tidak bisa dia lupakan meski akan menikahi orang yang mirip dengan Isolde.

Tristan menjadi pemurung dan sedih dalam ratapan yang memilukan... Tidak ada waktu yang lebih indah selain membayangkan Isolde tidak ada suara lebih indah kecuali suara lembut isolde. Tristan menjadi lupa untuk menjaga kesehatan yang ahirnya Tristian jatuh sakit.

Karena sakit tristan sudah semakin parah maka tristan meminta isolde secara diam diam untuk menjenguk dan merawatnya dengan harapan bahwa ia akan bisa menyembuhkannya.

Tristian menyuruh orang untuk berlayar dan menjemput isolde, dia mengajukan syarat Jika isolde bersedia untuk datang, layar kapal akan menjadi putih, atau layar akan menjadi hitam jika Isolde tidak bersedia datang.

Iseult brittany adalah orang yang hampir di nikahi tristan, tidak menginginkan kehadiran isolde karena takut dia tidak akan melihat tristan lagi jika tristan di bawa ke kerajaan isolde. Maka Iseult brittany membohongi tristan, dia melihat layar putih, tetapi mengatakan kepadan tristan bahwa layar berwarna hitam. Karena merasa kecewa dan tak mampu menahan rasa sakit, Tristan bunuh diri dengan meminum racun yang selama ini di simpan di kantong sakunya, tak lama kemudian setelah tristan meninggal Isolde pun datang dan betapa hancurnya ketika melihat kekasihnya sudah meninggal dengan meminum racun. Ahirnya isolde pun mencium bibir tristan yang masih ada sisa racun nya dan isolde pun meninggal dengan memeluk tristan.

0 komentar: