Home » » CARA MENGATASI GANGGUAN TIDUR

CARA MENGATASI GANGGUAN TIDUR

Written By akbar el hamed on Friday, April 27, 2012 | 5:12 PM



Setiap mahluk hidup butuh tidur untuk sekedar mengatasi kelelahan atau mengganti energi yang hilang. Meski terlihat sepele, tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan waktu tidur yang maksimal.

Aparajitha Verma, MD, direktur medis dari Pusat Gangguan Tidur di Methodist Neurological Institute, Houston, Amerika Serikat mengatakan bahwa masalah gangguan tidur telah memengaruhi setidaknya lebih dari 70 juta orang di Amerika.  Menurutnya, rata-rata orang membutuhkan waktu antara tiga sampai empat hari untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan waktu. Dengan mempersiapkan waktu tidur secara lebih terencana, diharapkan seseorang memiliki kebiasaan tidur yang lebih baik.

Verma juga menyarankan agar seseorang bangun satu jam lebih awal dan tidur satu jam lebih awal. Jika diperlukan, Anda juga dapat mengambil waktu tidur siang singkat pada hari Minggu. Tetapi ingat, jangan tidur ketika sudah mendekati jam tidur malam, karena dapat mengganggu tidur malam Anda.

Terganggunya waktu tidur juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Waspadai juga bila Anda tidak dapat tidur dalam waktu 30 menit, kantuk berlebihan di siang hari, atau tidur dalam jangka waktu panjang, karena bisa jadi Anda mengalami masalah gangguan tidur yang serius.

Orang dengan gejala-gejala ini harus mempertimbangkan untuk memeriksakan diri ke rumah sakit yang memiliki laboratorium tidur, untuk menegakkan diagnosa bagi mereka yang diduga memiliki masalah gangguan tidur.

Verma mengungkapkan, ada beberapa tips sederhana yang patut dicoba untuk mengatasi gangguan tidur:

• Tidur di lingkungan yang tenang dan gelap dan mengatur termostat pada suhu sedikit lebih dingin;
• Jangan biarkan hewan peliharaan ada di tempat tidur
• Tidak membaca, makan atau menonton TV di tempat tidur
• Jangan melihat jam
• Mengatur "angin bawah" waktu sebelum pergi tidur;
• Hindari konsumsi kafein, nikotin dan alkohol saat menjelang waktu tidur, karena ini dapat mengganggu tidur. Sebaliknya, cobalah minum teh hangat atau susu untuk meningkatkan suhu tubuh ,yang membantu mendorong dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.
• Olahraga dapat membantu tidur menjadi lebih lelap, namun harus dilakukan dua jam sebelum Anda pergi ke tempat tidur.

0 komentar: