Home » » PERADABAN MESOPOTAMIA | LEMBAH SUNGAI EUFRAT DAN TIGRIS

PERADABAN MESOPOTAMIA | LEMBAH SUNGAI EUFRAT DAN TIGRIS

Written By Unknown on Friday, June 15, 2012 | 7:14 AM


Mesopotamia merupakan pengertian dari daerah atau tanah yang terletak di antara sungai-sungai. Mesopotamia disebut juga bulan sabit yang subur karena wilayahnya menyerupai bulansabit yang daerahnya terletak di lembah sungai Eufrat dan Tigris. Daerah Mesopotamia terletakdi utara sungai Eufrat dan Tigris. Sumber air kedua sungai itu terdapat di lereng pegunungan Armenia, yaitu di Perbatasan antara Irak dan Rusia. Lumpur endapan bertumpuk-tumpuk padamuaranya dan muncullah dataran rendah baru. Di sekitar muaranya terdapat rawarawa penuhdengan tumbuhan semak belukar dan dihuni oleh aneka jenis burung liar. Makin ke arahpedalaman, alamnya makin kering.

Banjir-banjir di Mesopotamia tidak dapat diramalkan waktunya seperti pada sungai Nil di Mesir.Luapannya datang secara mendadak, dengan demikian tidak dapat dibuat perhitungan-perhitungan. Ada delapan bangsa yang pernah bermukim di Mesopotamia diantaranya yaitu,bangsa Sumeria, Akkadia, Assyria- Babylonia, Chaldea-Babylonia baru, Persia, Guti, Karssitadan Medes. Peradaban Mesopotamia disebut sebagai peradaban tinggi karena di Mesopotamiatelah mengenal bahasa dan tulisan, tulisan yang dikembangkan menggunakan huruf paku.Tulisan dibuat bukan di atas kertas seperti di Mesir (papirus), tetapi dengan jalan menekan tanahliat (soft clay) oleh alat sederhana yang disebut a square tipped (ujung bambu persegi). Di Mesopotamia berkembang seni bangunan yang disebut Ziggurat (menara bata-bata). Di bawah ini adalah peta letak dari peradaban Mesopotamia:

Bangsa-bangsa yang mendiami Mesopotamia, antara lain:

Sumeria
Pusat pemerintahan bangsa Sumeria di UR. Kepercayaan bangsa Sumeria bersifat Polytheisme,pemujaannya dipusatkan di kota Nippur. Kebudayaan bangsa Sumeria mempunyai nilai yangtinggi, antara lain :
a. Mengenal tulisan paku
b. Mengenal sistem penanggalan berdasarkan peredaran bulan dan matahari
c. Mengenal sistem hitungan yang didasarkan pada jumlah enam
d. Dapat membuat pakaian, perhiasan, tongkat dan cermin dari tembaga
e. Mata pencahariannya : bertani, beternak, dan berdagangPeradaban bangsa Sumeriamengalami keruntuhan karena serangan dari bangsa Akkadia yang dipimpin oleh Sargon.

Babylonia Lama
Bangsa Babylonia masih keturunan Amori yaitu orang semit dari gurun Siria dan Arabia. Mereka merupakan bangsa pengembara. 1850 SM bangsa Babylonia mulai mendirikan kerajaannya,dan mencapai kebesaran pada masa Raja Hammurabi. Pusat pemerintahannya di Babilon.Kepercayaannya masih bersifat politheisme dengan dewa Marduk sebagai dewa tertingginya. Kebudayaan bangsa Babylonia lama antara lain:
a. Menciptakan undang-undang tertulis yang dipahatkan pada tugu batu
b. Mengenal ilmu pengetahuan Matematika
c. Mengenal ilmu Astronomi

Assiria
Bangsa Assiria menempati daerah hulu sungai Tigris, ibu kota kerajaan di Niniveh. Pemerintahannya bersifat militer, senang berperang. Bangsa Assiria di bawah pimpinan Assur Nashirpal II melaksanakan ekspansi ke Babylonia lama. Bangsa Assiria mencapai kebesaranpada masa Raja Assurbanipal. Kebudayaan yang dihasilkan bangsa Assiria antara lain:
a. Mendirikan perpustakaan yang bukunya terdiri dari lempengan-lempengan tanah liat yangtelah ditulisi
b. Mengenal sistem astronomi
c. Mengenal ilmu Astrologi
d. Mengenal sistem perhitungan tahun (satu tahun 365 ¼ hari)e. Menyempurnakan tulisan huruf paku

Babylonia Baru
Bangsa Babylonia baru mencapai kebesaran pada masa pemerintahan Nebukadnezar,wilayahnya meliputi Mesopotamia, Babylonia, Arab, dan Palestina. Kebudayaan yang dihasilkanbangsa Babylonia Baru antara lain:
a. Membangun jembatan
b. Membuat tamantaman bergantung
c. Membuat menara Babylon
d. Mengenal ilmu Astronomi

Persia
Kerajaan Persia ibukotanya Persepolis, di bawah pemerintahan Cyrus Persia berhasilmengalahkan Babylonia sehingga meliputi Mesopotamia, Mesir, dan Abesinia. Persia mencapaikebesarannya pada masa pemerintahan Darius Agung. Usaha yang dilakukannya:
a. Melakukan ekspansi ke Yunani, tetapi mengalami kegagalan
b. membagi wilayahnya dalam satrapi-satrapi
c. membangun jalan dari Susa sampai Sardesd. Menyederhanakan huruf paku

Palestina
Bangsa Ibrani berasal dari daerah Mesopotamia, mereka mengembara sampai ke Mesir. Pada masa Ramses II mereka ditindas di Mesir. Akhirnya di bawah pimpinan Nabi Musa merekaindah ke daerah Kanaan di Palestina, kemudian mereka membangun kerajaan, raja-raja yangterkenal: Saul, Daud, dan Sulaiman atau Salomo. Kepercayaan mereka monotheisme yaitu menyembah Tuhan dengan sebutan Yahwe atau Yehowah. Hasil peradaban bangsa Ibrani yangterkenal antara lain kitab Mazmur dan Masjidil Aqsha.

Funisia
Bangsa Funisia menempati pantai timur Laut Tengah, mereka hidup sebagai pelaut. Pada masa kejayaannya, mereka berhasil mendirikan koloni di Kartago. Hasil kebudayaannya antara lain kepandaian membuat kapal dan gelas. Kepercayaan mereka bersifat polytheisme dengan dewatertingginya Boal dan Moloch.



Source: scribd.com

2 komentar:

scanner barcode said...

terimakasih yah gan materinya

Ilham maulana said...

terima kasih, artikelnya bagus dan bermanfaat.